Ikuti Blog ini Via Facebook

Mengetahui update "Materi Kultum Kita" lebih cepat dan lebih mudah. Klik tombol suka dibawah ini.

Thursday, June 28, 2012

Makna Hamdalah



Al-Hamdu, secara bahasa berarti madah (pujian) atas perbuatan baik yang keluar dari pelakunya tanpa paksaan. Sama halnya pujian tersebut disampaikan kepada orang yang bersangkutan atau kepada orang lain.

Pengertian madah (pujian) ini pengertiannya luas. Karenanya sering dikatakan pujian terhadap harta benda, pujian atas kecantikan, terhadap prestasi olah raga dan lain sebagainya.

Kata Al-Sana, menurut pengertian bahasa yang juga dipakai untuk memuji atau mencela. Karenanya sering digunakan “Asnaa ‘alaihi syarran” (Ia mencela perbuatan buruk yang dilakukan seseorang). Atau, “Asnaa’alaihi khairan” (ia memuji perbuatan baik yang dilakukan seseorang).

Wednesday, June 27, 2012

MOTIVASI RAMADHAN DAN KUALITAS IBADAH

Bulan ramadhan adalah bulan yang dimana umat islam dilatih untuk meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT. Maka, setelah bulan ramadhan umat islam dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu ramadhaniyun dan rabbaniyun. Bulan ramadhan adalah bulan yang dimana umat islam dilatih untuk meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT. Maka, setelah bulan ramadhan umat islam dikelompokkan dalam dua golongan, yaitu ramadhaniyun dan rabbaniyun.
  1. Ramadhaniyun adalah orang yang taat dan semangat beribadah pada bulan ramadhan, kemudian ketika selesai ramadhan maka selesai juga amal ibadahnya.
  2. Robbaniyun adalah orang yang taat dan semangat beribadah pada bulan ramadhan, kemudian setelah ramadhan berakhir pun dia tetap semangat dan bahkan bertambah.
Jadi hal yang diperluakan dalam beribadah itu adalah

Tuesday, June 26, 2012

Makna Basmalah



Kata al-ismu, dalam bahasa Arab berarti kata yang menunjukkan pada suatu zat seperti Muhammad, manusia dan lain sebagainya. Atau bisa menunjukkan kepada sesuatu yang bersifat maknawi, misalnya ilmu, adab dan lain sebagainya.

Allah Ta’ala telah menganjurkankepada kita agar mensucikan nama Allah ketika membaca Al-Qur’an.  Karenanya, Allah berfirman:


 “dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah sebagaimana yang di tunjukkan-Nya kepada…” (Al-Baqarah, 2:198).



“dan Berzikirlah dengan menyebutkan nama Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu…” (Al-Baqarah, 2:200).

Allah SWT. Telah memerintahkan kepada kita agar